kendala dan solusi menghadapi masa depan modern dan berbasis teknologi yang mudah di akses di indonesia

Posted: Maret 3, 2010 in Uncategorized
Tag:

Masa depan industri yang bakalan maju adalah informasi dan konten. Sehingga perang di masa depan bukanlah perang senjata ataupun nuklir, melainkan perang informasi. Maka siapapun yang dapat menguasai dan memiliki lebih banyak informasi serta membuat orang lain terpengaruh dengan informasi yang dimilikinya, maka ia akan memenangkan pertarungan.
Pengertian konten di sini adalah konten informasi yang mudah diakses siapa pun dan di mana pun. Informasi menjadi PR (public relation) yang membuat orang lain memahami masalah yang sebenarnya. Di samping itu, konten tersebut akan memiliki variasi yang unik sekaligus menarik, sebab informasi tidak selalu bersifat kaku, melainkan juga menghibur.
Apakah Indonesia akan sanggup menghadapi masa depan yang modern dan berbasis teknologi yang mudah diakses? Upaya persiapan ke arah itu telah lama dilakukan. Salah satunya adalah dengan adanya kawasan ITC (Information Technology Communication) yang dikenal dalam istilah telematika. Telematika merupakan sebuah konvergensi dari telekomunikasi, media dan informatika, yang isinya adalah ICE (Information Communication Entertainment).
Meskipun langkah rintisan sudah dilakukan, tetapi kita dapat melihat jika telematika di Indonesia belum dimengerti secara filosofis. Masih hanya cenderung mengerti dari sisi teknologinya saja. Itu sebabnya, yang masih laku adalah perangkat keras teknologi informasi, seperti komputer. Para pebisnis pun beramai – ramai mempromosikan produk baru. Sementara masyarakat meresponnya dengan asumsi tidak ingin ketinggalan zaman.
Padahal yang utama adalah teknologi harus sesuai dengan kebutuhan manusianya. Masalahnya, tidak semua orang memahami secara mendalam apa yang benar – benar dibutuhkannya dengan sarana teknologi informasi itu. Barangkali yang sekarang banyak dimanfaatkan adalah dari sisi hiburannya. Sedangkan mengenai sisi srategis komunikasi belum begitu didalami. Bila telah mampu menyerap filosofi dari teknologi komunikasi, maka pada saat itulah Indonesia siap menghadapi pasar bebas yang sesungguhnya dan bersaing dengan berbagai negara di dunia.
Meskipun begitu, bangsa Indonesia sedang dalam masa metamorfosis. Menuju masa depan yang diharapkan. Proses perubahan ini terjadi di setiap bidang, baik ekonomi, politik, akademis, maupun pertahanan. Diharapkan semuanya berjalan dalam satu langkah bersama, sehingga bangsa ini tidak semakin terpuruk.
Bangsa Indonesia masih sangat membutuhkan tokoh – tokoh yang visioner yang dapat menjadi teladan bangsa ini. Dengan tokoh yang memiliki visi ke depan, mensejahterakan rakyat, menciptakan kedamaian, menegakkan keadilan, maka Indonesia akan mengalami zaman keemasan.
Yang utama adalah pembentukan karakter. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah pemahaman terhadap pengetahuan dan teknologi. Sehingga nantinya tidak sekadar menjadi pasar dari hasil industri tanpa mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hidup. Masyarakat perlu mengetahui apa arti penting teknologi dan bagaimana membuat teknologi itu bermanfaat bagi dirinya, bukan sebaliknya masyarakat yang dijajah teknologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s